Semangat Pagi, Selamat datang di Blog Mari Belajar Usaha

7 langkah Membangun Kebiasaaan Positif

Written By Mari Belajar Usaha on Selasa, 30 April 2013 | 02.26

Nah sahabat pembaca yang budiman, kali ini saya akan share tentang kebiasaan yang positif, namun untuk memulainya tentu kita harus tau bagaimana cara untuk memulainya, tolong disimak ya ;)

1. Menetapkan tujuan anda

Nah, hal pertama yang harus anda tentukan adalah menetapkan tujuan anda, apa sih yang menjadi tujuan anda sehingga anda ingin merubah kebiasaan anda menjadi Positif? Ini sangatlah penting, ya memang jelas sekali tanpa tujuan apapun mungkin sulit untuk dilakukan apalagi Membangun Kebiasaan Positif. Merubah frase tujuan anda menjadi Positif adalah langkah awalnya, langkah anda untuk melompat memnjadi pribadi yang benar-benar baru, benar-benar keluar dari kebiasaan positif, contohnya anda mulai mngatakan "Hari ini saya akan berhenti MEROKOK", itu merupakan langkah awal yang sangat baik dan sangat berpengaruh pada pikiran anda.
Kemudian anda juga haru memulai menuliskan semua tujuan anda dikertas, tujuannya agar selalu memotivasi anda dan menjadikan sebuah komitmen yang akan memacu otak anda dalam membangun kebiasaaan posotif.

2. Menentukan Sebuah Kebiasaaan Pengganti

"Saya adalah seorang pemalas", mungkin langkah berikutnya yang lebih tepat adalah mengganti. Yap, Mengganti kebiasaan anda dari seorang pemalas menjadi seorang yang rajin dan tidak pernah malas. Namun jangan anda lupa, jika anda tidak mengganti, maka kebiasaan lama anda pasti akan kembali.

3. Pelajari dan Sadari Pemicu Kebiasaan

Kebiasaan tidak berdiri sendiri secara Independet, namun semua dikaitkan oleh rutinitas anda. Misalnya, anda lebih sering melakukan hal yang tidak efektif dari pada hal yang efektif karena anda terlalu sering tidur atau bermain game. Sekarang Pikirkan tentang bagaimana dan kapan anda ingin menghentikan kebiasaan anda tersebut.

4. Pasang Pengingat Untuk Diri Sendiri

Anda dapat melakukannya dengan cara menempelkan catatan ditempat-tempat dimana prilaku itu terjadi. Atau anda amenempatkannya di cermin, lemari es, toilet, dinding kamar, monitor atau di pintu kamar anda yang terpenting adalah bisa selalu terlihat oleh anda kapan saja dan dimana saja.

5. Dapatkan Bantuan dan Dukungan dari Orang lain

Satu tips yang paling ampuh ialah anda meminta bantuan orang yang memiliki otoritas yang sangat tinggi terhadap anda atau orang yang selalu anda turuti perkataannya untuk selalu mengingat kan atentang tujuan anda tersebut.

6. Menulis Afirmasi Setiap Hari

Tulislah kalimat dalam waktu sekarang (solah-olah itu sedang terjadi) dan menuliskannya sepuluh kali sehari dan selama duapuluh satu hari. Proses ini membantu tujuan anda menyerap ke hati anda, yang tidak hanya mengingatkan anda mempraktekan prilaku baru, tetapi juga membuat anda tetap fokus dan termotivasi.

7. Bersyukurlah dan Hadiahi Diri Anda

Bersyukur adalah nikmat dan kebiasaan positif merupakan nikmat apalagi membawa kebaikan dunia dan akhirat, maka syukurilah. Kemampuan anda dalam membangun prilaku positif patutu untuk disyukuri untuk menumbuhkan kita mendapat nikmat lain, dan prilaku posotif lain.

Nah, sudah jelaskan langkah-langkah nya dalam Membangun Kebiasaan Positif. Sudah sepatutnya kita berbagi, termasuk diri saya pribadi agar kita dapat berprilaku positif dalam segala hal.